cek xiaomi asli
Tutorial

Cara Cek Xiaomi Asli atau KW

Cara Cek Xiaomi Asli atau KW – Smartphone xiaomi menjadi salah satu pionir masukknya hp china di indonesia, makanya menjadi hal wajar jika banyak sekali pengguna hp xiaomi.

Ada sebuah masalah yang terjadi ketika awal-awal hp ini masuk yaitu tentang keaslian hp xiaomi.

Sudah menjadi hal wajar kalau kita sebagai pengguna xiaomi ingin mengatahui apakah hp xiaomi yang kita gunakan ini asli atau palsu.

Supaya tidak muncul perasangka yang tidak enak, kamu perlu malakukan cek apakah xiaomi milikmu asli atau palsu.

Cara Cek Keaslian Xiaomi

Sebagai Mifans sudah seharusnya kamu memastikan kalau xiaomi yang kamu gunakan selama ini adalah xiaomi asli.

Untuk melakukan pengecekan apakah xiaomi yang kamu gunakan itu asli atau tidak terdapat berbagai metode, supaya lebih enak saya jelaskan satu per satu.

Cek Xiaomi Asli lewat Website Mi

Buat kamu yang mau cek keaslian xiaomi lewat online bisa ikuti tahapan berikut ini.

  • Step pertama, Silahkan kunjungi website verifikasi xiaomi kemudian isi form sesuai intruksi yang ada.
  • Step kedua, Disitu kamu akan disuruh untuk mengisi kolom imei dan verif capta untuk memulai proses verifikasi

cek xiaomi asli dan kw

  • Step ketiga, Apabila Xiaomi milikmu asli maka akan muncul tulisan seperti ini.

cek xiaomi asli dan kw

  • Mudah kan ?

Adapun untuk mengetahui nomer Imei, kamu bisa cek langsung dibelakang dusbok pembelian hp xiaomi atau dengan mengetik *#06# di papan panggilan nanti akan muncul nomer Imei yang terpasang di hp Xiaomi.

Baca juga : Cara Cek Sensor Xiaomi

Cek Xiaomi Asli via Hardware Xiaomi

Masih belum puas dengan hasil cek di website xiaomi, kamu bisa langsung melakukan pengecekan hardware xiaomi tanpa harus membongkarnya.

Jadi, cek secara langsung setiap komponen yang ada di HP xiaomi.

Untuk caranya silahkan ikuti tutorial berikut ini:

Hardware Test Xiaomi Mediatek

  1. Buka menu call/panggilan lalu ketikkan kode *#*#64663#*#* nanti ketika kode terakhir * akan muncul otomatis ke halaman test mode
  2. Nanti disitu akan muncul banyak sekali pilihan hardware yang ingin kamu uji, seperti LCD, Touch, Kamera, Flash, Getaran, Speaker, Sensor, Jaringan, dan imei. Disitu lengkap semuanya, tinggal kamu cocokkan dengan spesifikasi yang ada.

Cara ini sering berhasil di hp xiaomi yang menggunakan chipset Mediatek, namun jika hp xiaominya menggunakan chipset Snapdragon akan berbeda hasilnya. Contohnya seperti punya saya ini.

Hardware Test Xiaomi Snapdragon

  1. Buka menu setting lalu scroll kebawah pilih menu About Phone / Tentang Ponsel.
  2. Kemudian ketuk bagian kernelnya berkali-kali sampai dipindahkan ke Test Mode.
  3. Sama seperti tadi, disitu terdapat banyak pilihan hardware yang akan kamu test sepeti Touch, Kamera, Speaker, Flash, Sensor, InfraRed, dan lain sebagainya.

Untuk cara kedua ini bisa kamu gunakan dalam mengecek keaslian xiaomi dengan chipset snapdragon.

Cek Xiaomi Asli Kecocokan Imei dengan Imei Dusbok

Supaya lebih mantap lagi bahwa xiaomi yang kamu gunakan itu asli, bisa saja kamu cek dengan cara menyamakan imei dalam sistem software dengan dusbok pembelian.

Untuk lebih jelasnya langsung saja kamu ikutin langkah-langkah berikut ini.

  1. Pertama, silahkan menuju menu setting kemudian pilih About Phone / Tentang Ponsel
  2. Selanjutnya, pilih Status >> Informasi Imei, klik pada bagian tersebut nanti akan muncul imei yang terpasang di hp kamu
  3. Sekarang ambil dusbok kemudian sesuaikan saja, antara Imei yang terinstall hp xiaomi dengan dusbok pembelian, jika cocok maka kemungkinan besar xiaomimu asli.

Nb: Untuk mengecek imei terdapat berbagai macam metodenya, untuk lebih lengkap silahkan lihat postingan cara cek imei xiaomi.

Cek Xiaomi Asli via Tampilan Fisik Xiaomi

Selain mengecek imeinya, kamu bisa langsung melakukan cek hardware. Hanya saja ini dapat dilakukan dengan mudah jika kamu seorang teknisi.

Alasannya karena kamu harus membongkarnya secara langsung dan melihat mesin yang ada didalamnya.

Sebab jika hanya dilihat sekilas saja mudah sekali orang membuat xiaomi replika dengan cara membuat casing, LCD, serta tampilannya mirip xiaomi asli, padahal hardware dalamnya sudah bukan bawaan aslinya.

Cek Sistem Operasi (ROM Original)

Sistem Android berjenis open source sehingga semua orang bisa memodifikasi sistem operasinya.

Oleh karena itu kamu perlu memastikan keaslian xiaomi dengan mengecek sistem operasinya.

Sudah bukan rahasia lagi jika dulu hp xiaomi pernah banyak yang palsu karena menggunakan ROM abal-abal.

ROM abal-abal ini identik dengan hp xiaomi yang dijual oleh distributor palsu, sehingga ROM yang teristall jadi banyak iklan dan virus, parahnya lagi hp xiaomi KW ini sering lag, cepat panas, dan sering error softwarenya.

Untuk mengetahui apakah OS Xiaomi asli atau tidak bisa lansung kamu cek dengan cara berikut ini.

  1. Silahkan masuk menu Setting / Setelan
  2. Scroll kebawah kemudian pilih About Phone / Tentang Ponsel
  3. Liat pada bagian ekor MIUInya, jika ekornya lebih dari 4 maka kemungkinan besar itu ROM abal-abal

Bagaimana jika ROM xiaomi yang kamu gunakan ternyata abal-abal ? mudah saja tinggal lakukan install ulang ROM menggunakan ROM Global xiaomi.

Cek Xiaomi Asli via Keaslian Layar LCD

Hp xiaomi asli mempunyai layar yang jernih dan tergolong kuat dibandingkan dengan xiaomi KW, oleh karena itu coba kamu lakukan test layar ini dengan cara menggunakan hp xiaomi untuk menonton video atau apapun itu.

LCD xiaomi asli akan menghasilkan tampilan layar bersih dan LCD xiaomi KW akan menghasilkan tampilan burik atau berwarna kekuningan.

Cek Xiaomi Asli via Sistem Recovery Mode

Termasuk syarat hp xiaomi asli adalah bisa masuk ke Mode Recovery Xiaomi, pada ponsel xiaomi asli sudah pasti dapat mengakses sistem recovery mode.

cek xiaomi asli dan kw recovery mode
Mode Recovery Xiaomi

Semua hp android dapat masuk recovery mode, namun khusus xiaomi tampilan recoverynya mempunyai ciri khas tersendiri.

Baca juga: Cara Melacak Lokasi hp Xiaomi

Untuk masuk recovery mode, caranya matikan hp kemudian tekan tombol power + volume up secara bersamaan hingga masuk recovery mode xiaomi.

Jika berhasil masuk ke sistem recovery dan muncul mode recovery yang khas xiaomi maka bisa dipastikan keaslian xiaominya.

Tips Membeli Hp Xiaomi Original

Jurus pamungkas jika Anda malas mengecek keaslian hp xiaomi, maka saya mempunyai tips supaya tidak tertipu ketika membeli hp xiaomi.

Beli di Official Mi Store

Tips ini sangat mudah, kamu hanya perlu membeli hp xiaomi dengan garansi resmi seperti TAM misalnya atau akan lebih mudah lagi jika kamu langsung beli di MI Store terdekat dan berkonsultasi langsung dengan CS Xiaomi.

Beli di Marketplace Official Store

Untuk pembelian online, kamu bisa membeli hp xiaomi di marketplace seperti LAZADA, BUKALAPAK, TOKOPEDIA, dan BLIBLI, dengan syarat beli langsung di official storenya supaya terjamin keasliannya.

Tips Beli Xiaomi Bekas

garansi xiaomi
Garansi Xiaomi

Khusus kamu yang mau beli xiaomi bekas, pastikan kelengkapan hp ada semua atau minimal dusbok masih ada dan terdapat stempel garansi TAM Erajaya.

Supaya lebih mantap kamu bisa membeli yang garansinya masih aktif, sehingga ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bisa langsung dibawa ke official store untuk diperbaiki.

Baca juga: Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi

Karena sekarang xiaomi sudah resmi di Indonesia, sebagian hp keluaran baru tidak ada tulisan garansi TAM lagi dan sudah diganti oleh pihak xiaomi dengan logo lainnya, sehingga pilihan garansi TAM hanya berlaku untuk Xiaomi keluaran lama,

Sekian tutorial cara cek xiaomi asli atau palsu, jika artikel ini bermanfaat jangan lupa share ke teman-teman kalian !!!

Total
0
Shares

You might also like

Leave a Reply