Cek Touchscreen Xiaomi
Tutorial

Cara Cek Touchscreen Xiaomi

Cara Cek Touchscreen Xiaomi – Ketika kita membeli hp baik itu dalam keadaan baru atau lama sudah pastinya harus kita periksa terlebih dahulu, mulai dari kesehatan fisik, komponen, hingga fitur-fiturnya.

Salah satu hal yang juga harus kita cek yakni pada bagian layar atau touchscreen. Dibagian inilah yang sering terjadi kerusakan, karena saya pernah mengalaminya juga.

Dengan memeriksa terlebih dahulu kamu akan mengetahui ada kerusakaan atau tidak. Jika ada maka kamu bisa meminta ganti, jika tidak ada maka aman dan bisa kamu beli.

Terutama bagi kamu yang membeli hp bekas, sudah menjadi hal yang wajib untuk memeriksanya.

Bukan berarti smartphone bekas itu jelek, namun karena sudah pernah dipakai akan ada kemungkinan rusak, maka untuk menghindari hal yang tidak diinginkan sebaiknya di cek secara detail terlebih dahulu.

Karena kita tidak tahu bagaimana keadaan hpnya, iya bukan?

Tidak hanya ketika membeli ponsel baru, hp kita yang lama juga perlu kita cek. Agar semua dipastikan aman dan tidak rusak.

Khususnya bagi kamu yang menggunakan smartphone Xiaomi sebaiknya sekali-kali mengecek layar hpnya masih normal atau tidak. Terutama jika HP kamu sudah digunakan cukup lama.

Nah, lalu bagaimana sih cara memeriksa layar kita masih normal atau tidak…?

Yuk simak penjelasan berikut ini.

Cara Cek Touchscreen Xiaomi

Melakukan pengecekan layar hp Xiaomi sangatlah penting, seperti yang sudah saya sebutkan tadi sebelumnya.

Namun masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana caranya untuk cek touchscreen Xiaomi agar mengetahui layarnya masih dalam keadaan baik atau tidak.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memeriksa kesehatan layar hp kamu.

Cara-cara tersebut cukup mudah dilakukan.

Mulai dari cara manual hingga menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Nah nggak usah bertele-tele, langsung saja berikut ini beberapa cara yang bisa kamu gunakan.

Cek Layar Secara Manual

Cara pertama yang bisa kamu lakukan yakni dengan mengecek layar hp secara manual. Cara ini sangat mudah dilakukan siapa saja.

Kamu tinggal memeriksa keadaan fisik hp secara langsung.

Dengan cara ini kamu bisa memastikan apakah ada kerusakan di layar smartphone kamu atau tidak, baik itu rusak ringan ataupun berat.

Perlu kamu ketahui kerusakan di layar hp ada beberapa kriteria.

Dari kriteria ini kamu akan mengetahui ponsel Xiaomi yang mau dibeli atau yang kamu miliki masih bagus atau tidak secara fisik.

Berikut ini beberapa kriteria kerusakan yang sering terjadi di layar hp :

  • Pecah : Mulai dari kerusakan yang paling parah yakni pecah. Kerusakan ini tidak perlu saya jelaskan secara detail, karena kalau layar pecah otomatis sudah rusak total dan soluasinya harus ganti.
  • Retak : Kerusakan yang kedua yakni retak. Jika layar retak maka masih mending dari pada pecah. Tapi retak ini biasanya tidak kelihatan, agar lebih jelas coba kamu pakai senter dari hp lain untuk melihatnya. Biasanya retaknya lebih kelihatan dari pada tidak pakai senter.
  • Layar terasa longgar : Saya pernah punya hp yang kondisi layarnya seperti ini. Biasanya terjadi karena lem nya sudah tidak kuat. Penyebabnya antara jatuh atau pernah dibuka.
  • Laya berubah warna: Penyebab kerusakan yang ke-empat ini bisa jadi karena software nya atau karena komponen yang ada di dalam hp.

Itu tadi beberapa kriteria kerusakan yang bisa saja terjadi di layar hp.

Jadi untuk kamu yang lagi mau beli hp, pastikan terlebih dahulu touchscreen dalam keadaan baik-baik saja.

Cek Touchscreen Xiaomi Pakai Kode Rahasia

Cara yang kedua yang bisa kamu gunakan yakni dengan memakai kode rahasia.

Jadi kode ini bisa kamu gunakan untuk mengecek keadaan layar hp dan juga touchscreen-nya.

Ada beberapa tes yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan kode rahasia ini, diantaranya:

  • Tes kartu SIM
  • Tes Mic
  • Tes Speaker
  • Tes Bluetooth
  • Dan lain lain

Selain itu kamu juga bisa tes kesehatan layar dan juga touchscreen hp Xiaomi. Berikut caranya:

  1. Buka menu telfon di HP Xiaomi kamu
  2. Setelah itu ketik kode *#*#64663#*#*
  3. Kemudian akan muncul halaman pengecekan secara otomatis
  4. Setelah itu tekan tulisan Color lalu ikuti panduannya
  5. Jika sudah selesai, kemudian kembali ke halaman sebelumnya
  6. Lalu tekan tulisan Touchscreen dan ikuti juga panduannya

Untuk menu color, disitu kamu bisa memeriksa kualitas warna hp kamu. Apakah masih normal atau tidak.

Untuk warna yang dites ada tiga jenis warna dasar, yakni RGB (Red, Green, Blue). Jadi nanti akan muncul warna merah, hijau dan juga biru. Jika dirasa warnanya masih normal sesuai dengan warnanya, maka layar hp kamu normal.

Jika tidak, berarti kesehatan layar hp kamu perlu diperiksa kembali. Oiya usahakan yang mengecek warnanya orang yang tidak bersmasalah dengan matanya.

Soalnya ada orang yang kalau lihat warna merah bisa jadi warna biru atau yang lainnya. Padahal warna yang benar adalah merah. Biasanya ini disebut orang yang buta warna.

Untuk kamu yang buta warna, bisa minta tolong orang lain, temen, atau adiknya untuk melihat warna di hp kamu.

Kemudian untuk yang menu touchscreen kamu nanti akan dipandu untuk menyentuh beberapa bagian di layar. Usahakan semua bagian dalam keadaan normal. Jadi kamu tinggal ikuti panduannya saja.

Cukup mudah bukan untuk memeriksa kesehatan layar hp? Yuk bisa dicoba untuk hp kamu.

Cara ini juga bisa dicoba ketika kamu beli smartphone dalam keadaan baru maupun bekas. Jadi kamu benar benar bisa memastikan layar hp yang mau kamu beli dalam keadaan baik-baik saja.

Cek Touchscreen Xiaomi Memakai Aplikasi

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan yakni dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Dengan aplikasi ini kamu bisa mengetahui apakah keadaan layar ponsel kamu sehat atau tidak.

Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan, yang diantaranya:

1. Touchscreen Test

Touchscreen Test

Aplikasi pertama yang dapat kamu pakai yakni touchscreen test yang dikembangkan oleh mokshyn. Dengan apk ini kamu bisa melakukan pengecekan touchscreen hp xiaomi.

Untuk downloadnya kamu bisa langsung menuju playstore dan cari sesuai dengan nama aplikasi ini. Perlu kamu ketahui juga, aplikasi ini gratis dan juga banyak fitur tambahan yang bisa kamu gunakan. Salah satunya untuk mengetahui kondisi warna layar hp.

2. MultiTouch Tester

MultiTouch Tester

Aplikasi berikutnya yakni MultiTouch Tester, apk ini berfungsi untuk memeriksa keadaan layar yang terkadang layar jika diberikan perintah dengan 2 jari atau lebih maka gagal.

Karena saat ini beberapa hp sudah bisa support fitur ini. Hp saya pribadi juga sudah. Contohnya ketika mau melakukan screenshot, bisa dilakukan dengan mengusap 3 jari ke layar.

Nah jika layar bermasalah, maka ketika mau screenshot menggunakan 3 jari akan gagal. Akhirnya harus menggunakan tombol power + vol down (-).

Oleh karena itu Mi Fans bisa memeriksa keadaan Multi Touch nya baik baik saja atau tidak dengan memakai aplikasi yang satu ini.

3. Dead Pixels Test and Fix

Dead Pixels Test and Fix

Aplikasi terakhir yakni Dead Pixels Test and Fix, dengan apk ini kamu bisa memeriksa keadaan pixel di hp kamu, apakah rusak atau tidak, jika rusak Mi Fans bisa membetulkannya menggunakan aplikasi ini.

Permasalahan dead pixel sering terjadi di HP Xiaomi dengan layar super amoled. Smartphone dengan jenis layar tersebut rentang terkena permasalahan ini.

Oleh karena itu kamu bisa mendeteksi dan mengatasinya dengan menggunakana aplikas ini jika belum terlalu menjalar ke dalam.

Kesimpulan

Itulah tadi beberapa cara yang bisa Mi Fans gunakan untuk cek touchscreen xiaomi apakah tidak terjadi apa apa, atau ada sebuah permasalahan.

Ada tiga cara yang bisa Mi Fans gunakan, yakni secara manual, menggunakan kode rahasia, dan yang terakhir menggunakan aplikasi pihak ketiga, untuk penjelasannya sudah saya jelaskan di atas.

Mungkin itu saja pembahasan artikel pada kali ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel lainnya di blog ini.

Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar di kolom yang sudah saya sediakan.

Total
0
Shares

You might also like

Leave a Reply