Cara Menghilangkan Rekomendasi Aplikasi Di Xiaomi
Tutorial

Cara Menghilangkan Rekomendasi Aplikasi di Xiaomi

Menghilangkan rekomendasi aplikasi di Xiaomi merupakan dambaan sebagian pengguna ponsel Xiaomi yang ingin melihat layar bersih dari aplikasi yang menganggu.

Seperti yang kita kenal bersama, ponsel Xiaomi sudah menjadi brand smartphone yang terkenal diseluruh penjuru dunia terutama di Indonesia.

Xiaomi sangat dikenal karena tampil dengan spesifikasi hardware & software tinggi namun dijual dengan harga merakyat yang begitu cocok dikantong semua kalangan.

Namun semua itu harus dibayar dengan fitur-fitur yang cukup membuat jengkel pengguna, diantaranya adalah rekomendasi aplikasi (Promoted Apps) dan banyaknya iklan muncul ketika dipakai.

Memang aplikasi yang direkomendasikan oleh pihak Xiaomi memang berguna bagi pengguna, tetapi tidak jarang pengguna risih dengan munculnya rekomendasi aplikasi yang tidak sesuai kebutuhan.

Ternyata pihak Xiaomi sudah menyediakan cara untuk menghilangkan rekomendasi aplikasi di Xiaomi ini tanpa perlu melakukan root, bahkan bisa dibilang sangat simple sekali.

Cara Menghilangkan Rekomendasi Aplikasi di Xiaomi

Apabila kamu termasuk pengguna ponsel Xiaomi yang risih dengan adanya rekomendasi aplikasi, maka bisa coba ikuti tutorial ala Xiaominesia berikut ini:

1. Buka Homescreen

Step pertama, silahkan buka homescreen terlebih dahulu untuk memulainya

2. Pilih folder grub

Selanjutnya cari folder grub yang didalamnya sudah berisi kumpulan aplikasi seperti folder shopping

3. Edit judul folder grub

Step berikutnya, ketuk pada bagian atas judul sampai muncul menu pengeditan judul yang secara otomatis akan muncul Rekomendasi apl atau Promoted Apps

4. Nonaktifkan Rekomendasi apl

Sekarang pilih Nonaktifkan rekomendasi apl dengan cara menekan tombol toogle pada bagian samping Promoted Apps dari aktif menjadi nonaktif

5. Hilang Promoted Apps

Setelah menekan tombol nonaktif maka secara otomatis promoted apps (rekomendasi aplikasi) akan menghilang dengan sendirinya saat kamu kembali masuk ke folder grub aplikasi.

6. Masuk File Manager

Biasanya rekomendasi aplikasi juga muncul di File Manager oleh karena itu kamu juga perlu menonaktifkannya, caranya masuk ke File Manager

7. Pilih Setelan

Selanjutnya pilih Setelan lalu menuju ke Tentang untuk menemukan menu rekomendasi

8. Matikan “Rekomendasi”

Setelah ketemu Rekomendasi maka berikutnya matikan Rekomendasi caranya switch saja ke kanan supaya nonaktif

9. Masuk ke Musik

Selain di File Manager ternyata di aplikasi musik juga terdapat rekomendasi aplikasi maka selanjutnya bukalah aplikasi pemutar musik xiaomi

10. Pilih Setelan Lanjutan

Cepat saja langsung pilih Setelan lalu menuju Setelan Lanjutan untuk menemukan menu rekomendasi

11. Matikan “Terima Rekomendasi”

Sekarang matikan Terima Rekomendasi supaya semua rekomendasi apl dan iklan hilan dari aplikasi Musik

Mudah sekali bukan ? Saya berhasil menghilangkan rekomendasi iklan di xiaomi menggunakan cara diatas, seharusnya kamu juga bisa apabila mengikuti step by step secara berurutan.

Namun apabila kamu ingin mengembalikan seperti semula (rekomendasi iklan) kembali muncul pada folder grub maka kamu cukup mengulangi step tadi lalu pilih Aktifkan maka secara otomatis akan muncul kembali rekomendasi apl.

Kesimpulan

Menghilangkan rekomendisi iklan di xiaomi sangat berguna sekali apabila kamu ingin tampilan lebih bersih tanpa ada kesan kebanyakan iklan dilayar homescreen.

Tampilan rekomendasi aplikasi sendiri sudah ada sejak munculnya MIUI 8, jadi secara otomatis MIUI 9, MIUI 10, MIUI 11, dan 12 juga ada rekomendasi aplikasi.

Selain rekomendasi aplikasi, xiaomi juga memunculkan iklan pada homescreen dan pada beberapa aplikasi utama.

Alasannya karena Xiaomi sudah menjual murah ponselnya, untuk meraup keuntungan lain tim Xiaomi menambahkan iklan & rekomendasi aplikasi sebagai sponsor menutup kerugian dipenambahan fitur.

Untungya Xiaomi juga memberikan opsi untuk tetap memunculkan iklan atau menonaktifkannya seperti halnya rekomendasi aplikasi.

Nah, untuk menghilangkan iklan ads xiaomi juga sudah pernah saya buatkan tutorialnya di cara menghilangkan iklan di xiaomi.

Selain itu kamu juga bisa menghapus aplikasi bloatware yang dirasa hanya membuat penuh memori internal, tapi untuk melakukannya diperlukan akses root terlebih dahulu.

Tapi apabila kamu tidak begitu terganggu dan belum terbiasa melakukan oprek Android tidak disarankan untuk melakukan root takutnya nanti bisa bootlop ponsel Xiaominya.

Kira-kira segitu dulu untuk sharing tutorial kali ini, apabila menemukan kesulitan dalam prakteknya bisa tuliskan keluhannya di kolom komentar nanti didiskusikan bersama.

Total
0
Shares

You might also like