Cara Flash Xiaomi Redmi 6A
Tutorial

Cara Flash Xiaomi Redmi 6A

Flash Xiaomi Redmi 6A merupakan proses yang harus kamu lakukan ketika mendapati Redmi 6A mengalami kerusakan software sehingga berjalan tidak normal.

Diantara kerusakan yang mengharuskan kamu melakukan install ulang Xiaomi Redmi 6A adalah berikut ini :

  1. Xiaomi redmi 6A Bootlop
  2. Xiaomi redmi 6A lupa pola
  3. Xiaomi redmi 6A Hank
  4. Xiaomi redmi 6A Hardbrick
  5. Xiaomi redmi 6A restart sendiri
  6. Xiaomi redmi 6A Mati total

Biasanya masalah software ringan dapat diatasi dengan cara factory reset redmi 6a yang bisa kamu lakukan melalui setelan pengaturan atau lewat sistem recovery.

Akan tetapi jika sudah terjadi kerusakan yang berat kamu harus melakukan flash xiaomi redmi 6a lewat miflash tools supaya dapat digunakan kembali dengan baik.

Sebenarnya kegunaan flash xiaomi redmi 6a bukan hanya dipakai untuk mengatasi masalah software saja lho, bisa juga dipakai untuk update ROM firmware terbaru atau ingin pindah dari base china ke global, begitu juga sebaliknya.

Sangat disarankan sebelum melakukan flash redmi 6a sudah harus posisi terhapus akun google dan akun micloudnya supaya nanti tidak nyangkut ketika selesai flash ROM baru.

Untuk problem akun google bisa simak cara menghapus akun google di xiaomi.

Tapi jika kondisi sudah bootlop, hang logo, atau bahkan sudah brick langsung aja lakukan flash, jika nanti nyangkut akun google dan akun mi bisa kamu lakukan unlock FRP akun Google dan unlock account micloud.

Cara Flash Xiaomi Redmi 6A via MiFlash

Apabila sudah yakin untuk melakukan flashing ROM redmi 6A versi cactus ini ada beberapa hal wajib kamu perhatikan sebelum mengeksekusinya agar sukses dalam proses flashing, diantaranya adalah :

1. Unlock Bootloader

Pastikan xiaomi redmi 6a sudah unlock bootloader, jadi kalau belum unlock bootloader bisa cek cara unlock bootloader xiaomi.

Untuk mengetahui hp xiaomi sudah unlock bootloader atau belum juga sangat mudah, caranya sudah pernah saya jelaskan di cara cek status bootloader xiaomi.

Alasan mengapa harus unlock bootloader adalah persentase kesuksesannya lebih tinggi dibandingkan redmi 6a yang masih lock bootloader.

2. Siapkan Bahan Flashing

Setelah sudah pasti redmi 6a sudah unlock bootloader, maka tahap berikutnya adalah menyiapkan bahan-bahan flashing redmi 6a, diantaranya adalah :

  1. Firmware / Stock ROM Redmi 6A
  2. ADB Usb Driver
  3. MiFlash Tools Xiaomi
  4. Kabel USB Original (disarankan)

Download semua file diatas tanpa terkecuali supaya berhasil install ulang rom redmi 6a

3. Install MiFlash Tools

Tahap pertama, kamu wajib menginstall MiFlash Tools ini untuk alat flashing ROM baru redmi 6a.

4. Ekstrak Firmware ROM redmi 6A cactus

Buatlah folder baru khusus untuk hasil ekstrakan ROM redmi 6a, selanjutnya ekstrak dan arahkan firmware redmi 6a ke folder yang sudah kamu buat tadi.

5. Buka Miflash Tools

Tahap berikutnya adalah memasukan firmware kedalam MiFlash Tools.

Caranya buka MiFlash Tools kemudian pilih Select pada bagian kiri atas lalu arahkan ke folder hasil ekstrakan Firmware redmi 6a.

6. Pilih “Flash_All”

Sekarang lihat pada bagian kanan bawah MiFlash Tools, disana terdapat 3 pilihan flashing yang dapat kamu pilih :

  1. Flash All : Pilihlah ini apabila kamu ingin membersihkan semua file yang ada didalam redmi 6a tanpa terkecuali, full bersih dan ganti dengan ROM baru
  2. Flash All Except Data Storage : Pilihlah ini apabila kamu ingin membersihkan semua file kecuali file yang ada didalam memori internal, jadi semua file akan terhapus kecuali file yang kamu simpan didalam memori internal.
  3. Flash All Lock : Pilih ini apabila kamu ingin menghapus semua file kemudian melakukan lock bootloader setelah selesai proses flasing, jadi nanti hp redmi 6a akan kembali terkunci bootloadernya.

Saran saya pilihlah Flash All supaya nanti ketika selesai proses flashing hp xiaomi redmi 6a kembali seperti awal ketika awal beli.

7. Masuk ke Mode Fastboot

Selanjutnya masuk ke mode fastboot, caranya matikan ponsel redmi 6a kemudian setelah mati tekan Tombol Power + Volume Down secara bersamaan sampai masuk ke Mode Fastboot, apabila sudah muncul segera lepas kedua tombol tadi.

8. Sambungan ke Laptop/PC

Sambungkan ponsel redmi 6a ke Laptop/PC yang kamu gunakan untuk flash menggunakan kabel USB, pastikan kualitas USB yang bagus dan tidak usang.

9. Pilih “Refresh”

Ketika disambungkan ke PC ponsel xiaomi redmi 6a tidak langsung terdeteksi oleh Miflash Tools, supaya terdeteksi dengan baik silahkan klik Refresh supaya hp terkoneksi dengan Miflash.

10. Klik “Flash”

Setelah hp redmi 6a sudah terkoneksi dengan Miflash maka tahap selanjutnya klik Flash untuk memulai proses flashing.

Tunggu proses flashing redmi 6a sampai selesai, nanti apabila hp redmi 6a tiba-tiba restart tidak perlu khawatir karena itulah tahap flashing redmi 6a.

11. Nyalakan hp

Proses flashing memang cukup lama, setelah selesai flashing segera nyalakan ponsel redmi 6a.

Tunggu proses booting sampai selesai, pada tahap ini booting cukup lama dan itu sangatlah wajar karena sedang tahap penyesuaian ROM baru.

12. Lakukan Setelan baru

Setelah booting selesai, selanjutnya kamu bisa melakukan setelan sesuai yang diarahkan seperti memasukkan akun google, pola dan kunci hp, dan lain sebagainya, kemudian masuklah ke menu home dan yeaayy berhasil.

Sampai disini tahap flashing firmware xiaomi redmi 6a telah selesai, seharusnya masalah software pada redmi 6a sudah teratasi semuanya dengan baik.

Kesimpulan

Proses flashing akan berjalan dengan baik apabila kamu melakukannya sesuai tutorial cara flash redmi 6a yang sudah saya rangkumkan.

Total
0
Shares

You might also like

Leave a Reply